pasang iklan

Partner

Ngekos




Ngekos? 

Yaa gua sama sekali belum tau dan belum pernah ngerasain yang namanya ngekos atau apalah semacamnya itu, yaiyalah secara rumah dan sekolah gua waktu SMA itu jaraknya deket banget kaya dari sekolah SMA gua kerumah aja(nah lo).

Tapi kali ini semua berbeda dan gua setelah lulus SMA ini gua harus menjalani hidup baru yaitu gua disuruh ngekos sama ortu gua. Yaa karena kampus gua yang lumayanlah kalo bolak balik sungguh nguras waktutenaga bahkan ongkos jadi gua dan keluarga gua telah mengeluarkan surat keputusan bahwa selama gua kuliah ini gua harus ngekos yaa entah sampai lulus atau gak yang penting awal-awal ngekos dlu soalnya melihat jadwal disemester pertama ini yang lumayan cukup sangat padat dan dikarenakan saat ospek pun gua harus datang jam 5 pagi kekampus,, mau berangkat jam berapa gua kalo kagak ngekos?

Yaa saat ini gua udah janjian sama temen SMP gua yang kuliah bareng kampusnya sama gua juga dan ternyata dia juga ngekos jadi gua minta dia buat nemenin gua nyari kosan syukur-syukur bisa satu kamar bareng dia :D .

Setelah nemenin dia dulu buat ngurus daftar ulang akhirnya kita pun meluncur mencari kosan buat gua yang kaanya dideket kosan temen gua itu ada. 

Gua dan temen gua pun mencari kesana kemari kosan yang tentunya buat laki dan syukur-syukur ada yang campuran sama cewek(hehee niat jelek). Setelah berdetik detik, bermenit menit dan berjam jam mencari kosan,, akhirnya tibalah gua disebuah kosan milik seorang pak haji yang ketika itu gua sama sekali belum tau namanya siapa karena ini adala pertemuan pertama gua dan beliau dan tanpa direkayasa sebelumnya. Setelah melihat lihat isi kosannya dan kamarnya seperti apa dan setelah gua menimbang nimbang dan menimang nimang akhirnya gua setuju dengan kosan yang satu ini. Gua menyebutnya dengan kosan pak haji.

Kosan ini terdapat 4 kamar dan telah terisi 2 kamar dan masuknya gua membuat 3 kamar terisi sekarang, terdapat kamar mandi satu dan gua dikamar sendirian karena gak mungkin gua harus minta temenin anaknya pak haji dikamar gua. Ya ga?

Inilah hari pertama gua ngekos karena esok juga adalah hari pertama gua ospek, sungguh beda sekali suasana dikamar kosan sama dikamar ruma, kali ini gua harus membiasakan hidup sendiri sepi dan menyendiri dalam kamar kosan. Kalo dirumah saat gua sudah bosan dalam kamar pasti gua bakal keruang tamu buat nonton tipi, tapi sekarang? Kalo bosan dikamar gua harus keruang tamu siapa dan ngapain? 

Karena disini sama sekali gak ada tipi yang bisa sedikit jadi hiburan gua kalo dirumah buat ramein suasana kalo lagi sepi walau gak ditonton. Dan sekarang perut gua sudah bunyi kriuk kriuk minta untuk diisi ulang,biasanya dirumah gua tinggal kedapur dan nyentong nasi plus lauk aja,kalo gak tinggal bikin mie pake telor,tapi sekarang?gua harus kedapur siapa?masa kedapur orang?nanti gua dikira kucing dapur lagi,akhirnya gua mencari nasi goreng  dan memakannya dikamar kosan yang harus gua cintai ini sendirian.  Yaa gua harus terbiasa dan gua jadi lebih tau gimana rasanya jadi orang yang dihidupnya sudah punya siapa-siapa lagi dan dia harus hidup sendirian, yaa seperti gua dan kamar kosan gua ini.

“kriiing...kriiinng”

“ya?”

“kamu udah bangun dan?”

“iya ini udah mah”

“ohh yaudah langsung mandi solat dan berangkat siap-siap jangan tidur lagi”

“iyaa”

“tuuutt...tuuuutt..tuuuuttt”

Gua menatap jam masih jam 4 pagi banget, tapi nyokap gua udah nelpon gua, dia kawatir anaknya gak bisa bangun pagi,karena emang biasanya gua selalu dibangunin,bahkan mau kencing malem aja gua harus dibangunin (loh). Alhasil saking sayangnya sama anaknya nyokap gua banghunin gua pagi ini lebih awal daripada alarm hape gua yang sebenarnya udah gua pasang tapi ternyata tak berguna karena ada alarm lain disana yang bangunin gua lebih awal. 

Akhirnya gua pun bangun dan langsung menuju ke kamar mandi untuk mandi dan sialnya ternyata ada temen kosan gua yang lebih dulu masuk kamar mandi dan gua harus menunggu karena ternyata yang ngisi kosan ini semuanya adalah mahasiswa baru dikampus yanmg sama jadi pada masuk pagi semua dan sialnya harus berebutan kamar mandi, dan hampir terjadi pertempuran berdarah karena kamar mandi jika salah satu diantara kita semua tak ada yang mau mengalah untuk masuk kamar mandi secara giliran. 

Satu ilmu baru yang gua dapat, kalo dikosan saat sudah bangun jangan menunda nunda masuk kamar mandi karena akibatnya kita bakal menunggu lama jika ada yang lebih dulu masuk kamar mandi sedangkan kita harus buru-buru berangkat.

Akhirnya ospek pertama gua kelar juga dan gua kembali udah berada dikosan tercinta gua ini, gua pun masuk kamar gua dan gua melepas penat dengan tiduran dikasur, biaasanya kalo sehabis gua pulang sekolah dirumah pasti adek gua langsung nyamperin kekamar gua ngeliat gua langsung ngapain dikamar,tapi sekarang?gak ada orang yang sama sekali masuk kamar gua kecuali pak haji yang nagih uang sisa kosan pertama. Yaa gua harus terbiasa.

Setelah menyiapkan perlengkapan ospek esok gua pun menghabiskan waktu malam ini dengan oL sambil telponan dengan temen gua dan tidur terpulas. Dan begitu seterusnya selama gua ospek ini.

҉-҉

kini kosan gua sudah sungguh sangat sangat berubah banget setelah hadir 3 orang temen gua sekelas yang kini juga ngekos ditempat kosan gua yang sama dan gua sekamar dengan orang yang menurut gua pinter dikelas tapi juga cangak soalnya cuma dia satu-satunya orang pinter dikelas yang menurut gua masih bisa ngimbangin main dan bercanda dengan anak-anak yang bisa dibilang terlalu santai dan berkat sekamar dengan gua juga dia jadi sedikit terkontaminasi bahwa dalam hidup itu tak hanya harus belajar belajar dan belajar dengan ilmu yang diajarkan guru/dosen tapi sesekali kita harus mandang keluar bahwa masih banyak ilmu yang bisa kita dapat diluar dan kita juga sesekali harus ada waktu untuk bercanda dan bermain agar kehidupan kita seimbang dan tidak monoton.

Kosan gua kini sungguh kaya rumah sendiri dan kami berempat adalah keluarga yang sangat dekat dan saling pengertian satu sama lain dimana jika suatu saat gua gak ada uang buat makan maka teman kosan gua pun bayarin gua makan begitu juga sebaliknya jika gua ada uang maka gua tetap minta beliin makan sama teman kosan gua :D .

Kosan gua juga selalu jadi tempat penampungan temen-temen gua buat ngerjain tugas dan biasanya paling sering kalo ngerjain ghambar, pasti kalo besoknya ada matkul gambar biasanya banyak temen gua yang main sampe larut malam untuk ngerjain tugasnya. Kadang juga pagi sebelum ngampus kalo ada tugas pasti banyak temen gua yang datang ke kosan buat ngeliat contekan tugas. Yang gua takutin apa? Apa mungkin nanti saat kita bikin skripsi seperti ini? Saat besok sidang apa malam ini baru buat skripsinya? Kagak kan? 
Yaaa muda-mudahan aja ini Cuma diawal aja karena masih bisa dibilang barulah jadi mahasiswa :D

Dan kosan gua juga sangat indah karena apa? Karena ternyata kosan gua terletak ditengah tengah kosan cewek, dan gua baru sadar ternyata kanan,kiri depan maupun belakang itu kosan cewek semua dan kamilah warga anak kosan paling ganteng :D. Dan yang belum pernah kami lakukan itu bercengkrama dengan warga kosan sekitar yaitu para cewek-cewek yang aduhai dan kami hingga sekarang masi mencari bagaimana agar kami bisa bersilaturahmi dengan mereka semua ;D

Tips cari kosan:
1.      Cari yang harganya semurah mungkin namun nyaman
2.      Cari yang kamarnya gak terlalu banyak agar nantinya tidak terlalu bising saat dikosan
3.      Ajak temen buat satu kamar agar biaya kos ringan
4.      Jangan keseringan pindah-pindah kosan
5.      Selamat nge-kos.


2 Responses to "Ngekos"

Partner